Gaya Hidup Bebas Masyarakat Modern Masa Kini

Gaya hidup merupakan keseharian yang dijalani oleh semua orang. Dari zaman ke zaman gaya hidup kian mengalami perubahan yang sangat drastis. Tidak hanya itu, prinsip maupun ideologi negara tentunya sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat di negara tersebut terlebih di zaman modern seperti sekarang ini di kebanyakan negara maju tentu sebagian besar masyarakatnya menjalani gaya hidup bebas. Bahkan sekarang ini kebanyakan negara berkembang pun juga banyak masyarakatnya yang menjalani gaya hidup bebas. Semakin berkembangnya kecanggihan teknologi sekarang di era globalisasi ini tentu sangat berpengaruh besar terhadap gaya hidup kebanyakan orang. Memang globalisasi tentunya memberikan dampak positif dan negative tergantung orangnya yang memanfaatkan. Globalisasi akan memberikan dampak positif bagi kehidupan tentunya karena dengan berkembangnya teknologi akan sangat memudahkan manusia untuk menjalani segala aktivitas kesehariannya.

Bagi yang tidak dapat memanfaatkan dengan baik pada akhirnya terkena dampak negative dari globalisasi yaitu salah satunya gaya hidup yang bebas. Gaya hidup bebas seperti rokok, seks, bahkan narkoba memang sangat mengerikan. Tentunya akan sangat memberikan efek negative bagi yang menjalaninya terlebih untuk kesehatannya. Terlebih lagi jika sudah merambah ke masalah terkena penyakit AIDS tentu sangat mengerikan. Gaya hidup yang bebas juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan pertemanan. Tetapi untuk di negara-negara barat hal seperti ini sudah biasa, berganti-ganti pasangan, hidup satu rumah ketika belum menikah dan sebagainya yang di negara seperti Indonesia hal itu sangat bertolak belakang dengan Ideologi Pancasila dan sangat melanggar norma dan biasanya disebut pamali.

gaya hidup bebas

Oleh karena itu untuk kebaikan diri kita sendiri hendaknya kita sangat menghindari gaya hidup bebas dengan membentengi diri sendiri dari segala godaan yang ada dan meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan. Karena gaya hidup yang tidak sesuai yang diajarkan dalam agama tentu sebenarnya akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Banyak sekali mungkin orang yang sangat sulit untuk menghindari gaya hidup yang sangat bebas dan hedonis karena memang kondisi zaman yang semakin memprihatinkan yang jauh dari norma dan agama. Tetapi hal itu hanya dapat diatasi dengan keteguhan hati masing-masing orang.